3 Suara Bisnis Modal Kecil Dalam Desa, Mulai Sekarang!

bisnis dengan modal kecil

Usaha potong rambut, khususnya barbershop untuk pria, saat ini terus berkembang. Modal untuk usaha yang menjanjikan ini pun tidak relatif besar.

bisnis dengan modal kecil

Jumlah tersebut bisa dikatakan lumayan bersih karena selain modal tetap di awal, modal tambahan hampir tidak ada. Tiap kendaraan pasti memiliki waktu untuk bersih-bersih alias harus dicuci. Inilah sebabnya usaha cuci mobil dan motor tidak ada matinya.

Contohnya jika Anda ahli dalam memasak atau hasil masakan yang Anda olah selalu enak, maka Anda bisa membuka toko kue sendiri misalnya atau membuka jasa katering. Jangan malu untuk menggunakan keahlian dan keterampilan yang Anda miliki, karena bisa jadi hal itu mendatangkan uang atau keuntungan bagi Anda. Kendala di awal membuka usaha modal kecil ini, dapat diatasi dengan baik seminimal mungkin dengan menentukan biaya variabelnya terlebih dahulu. Anda juga harus melakukan riset pasar terlebih dahulu, untuk mengetahui ada peluang usaha apa saja yang sangat diperlukan oleh masyarakat pada umumnya.

Anda juga bisa memulai usaha ini dengan modal di bawah Rp 5 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli kompresor dan penyedot air. Berdagang camilan termasuk usaha yang menjanjikan karena Anda bisa membuat camilan dengan skema pre-order. Keuntungan awal dari modal Rp 200. 000 saja bisa mencapai dua kali lipatnya. Ketiadaan inovasi dan kualitas yang tidak terjaga bisa menjadi perusak bisnis ini. Usaha berdagang camilan hanya memerlukan modal tidak sampai jutaan rupiah untuk awalnya.

. 000, Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan ini dengan produksi terbatas. Anda bisa memilih usaha kue basah berupa jajanan pasar, usaha gorengan, usaha roti, bahkan usaha-usaha camilan kekinian, seperti cake tanpa oven maupun mixer.

Dunia kreatif menawarkan banyak jenis usaha kecil-kecilan yang menguntungkan dan menjanjikan. Modalnya pun relatif lebih rendah dibandingkan jenis usaha di bidang lain. Berikut beberapa usaha kreatif dengan modal minim yang bisa Anda pertimbangkan. Usaha kecil-kecilan ini sangat cocok buat Anda yang memiliki lahan tidak terpakai. Hanya bermodal semen, kanopi, aliran listrik, dan keran; Anda sudah bisa membuat usaha parkir yang pasti laris manis. Jika dikira-kira, modal untuk membuat satu area parkir di lahan sekitar 70 meter persegi saja tidak mencapai Rp 5 juta. Tiap bulannya pun Anda hanya perlu melakukan pengeluaran sedikit sekali untuk biaya listrik serta air.

Sebagai tahap awal, Anda perlu membeli modal tetap seperti kursi, cermin, dan alat pencukur yang nilainya tidak mencapai Rp 5 juta. Tidak perlu menjadi ahli potong rambut untuk membuka usaha potong rambut. Untuk tahap awal, mungkin Anda tidak perlu melakukan sistem gaji guna menghemat modal, melainkan sistem kemitraan. Harga untuk jasa cuci mobil atau motor berkisar Rp 10. 000-20. 000. Jika satu hari setidaknya ada 5-10 kendaraan yang mampir ke usaha jasa Anda, pendapatan Anda bisa mencapai Rp 100. 000 per hari.

Namun, jika Anda berhasil, pendapatan yang berlipat-lipat dibandingkan hanya bekerja sebagai karyawan di perusahaan siap menanti Anda. Membuka usaha yang bisa mendatangkan untung menjanjikan pun sebenarnya tidak harus mengeluarkan modal besar. Buktinya banyak usaha modal kecil yang bisa terus berkembang dan menjadi usaha dengan untung fantastis. Mencari uang saat ini tidak hanya dengan menjadi pekerja untuk perusahaan-perusahaan besar. Anda juga bisa menjalankan usaha kecil-kecilan guna bisa memperoleh mata pencaharian. Nyatanya, banyak bisnis yang terlihat sepele nyatanya merupakan usaha yang menjanjikan untung besar. Anda juga harus selalu mengandalkan kemampuan Anda dalam berbisnis ini.